Selasa, 12 Juni 2012

ih MAN berubah..

ada sebuah rasa terkejut saat saya hadir di MAN tadi malam.
Well, setelah semua kesibukan yang tiada akhir ini, datang ke MAN memang bukan jadi rutinitas lagi. Dan ketika saya kembali datang, ternyata MAN yang dulu tak lagi sama. Ada beberapa hal yang berbeda dari MAN, terutama dari segi sarana prasarana. Mulai dari lantai yang kini sudah bertegel. Ruangan Tonti yang kini berubah jadi kelas keagamaan. Aula yang semakin kece. Lab IPS yang bagus. Kantin yang bersih. Dan banyak lagi deh.

MAN berubah.

Tapi bukan itu yang ingin saya ceritakan.
Kemarin malam, saya dimintai tolong oleh anak 2011 untuk jadi MC di malam perpisahan anak-anak 2012. Ini kali kedua saya dimintai tolong untuk jadi MC perpisahan, setelah tahun lalu saya juga harus meramaikan acara perpisahan. Tapi tahun ini ada yang berbeda dari konsep perpisahannya. Dan itu embuat saya mengerinyitkan dahi dan berkata dalam hati :

"MAN berubah"

Saya ingat, saat saya masih menjadi siswi di MAN. Saat itu gejolak "politik" MAN masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. MAN masih sangat kolot. Ga boleh ada acara malam. Ga boleh ada promnite. Band-band-an yang "kekinian" dilarang. Ga boleh bikin-bikin pensi. DOH...!!

sampai akhirnya, saya dan 6 orang teman saya geram sendiri ngeliat MAN yang begitu kolotnya. Karena waktu itu saya masih jadi anak labil, jadi pikiran saya adalah "Apa sih salahnya bikin acara yang bisa bikin MAN dikenal? Toh, yang bikin prectice sekolah itu bagus ga cuma piala segeda bagong aja, tapi juga gimana sekolah itu eksis. Ya salah satu caranya ya bikin apa gitu.. biar keliatan kalo eksis"

Begitu pikir saya. Hingga sekali waktu, waktu kelas 2, kita sempat akan membuat konsep Pensi. Tapi GAGAL! as usual lah..

Hingga akhirnya masa perpisahan sayapun tiba. Dan kali ini saya betul-betul ga rela kalau masa perpisahan SMA saya berakhir begitu saja. Tanpa ada acara perpisahan or something. Sebel aja rasanya. Dan kebetulan saya ketemu dengan 6 orang lainnya yang berani melakukan perubahan.

Pada awalnya 6 orang itu kaget melihat sikap saya yang selama ini selalu jadi anak "baik-baik" dengan keluar masuk ruang wa-ka ini punya pikiran sefrontal ini.
Singkat cerita, kami bertujuh berniat membuat acara PROMNITE dengan konsep yang literally promnite pertama di MAN.

Emang dibolehin? Ya tentu saja TIDAK! edan po...
tapi berhubung saya dikenal sebagai anak yang "baik-baik" sering membawa nama harum man *tsaah dan dekat dengan pak Khaerul akhirnya ijin itu diberikan. hahahaha :D

Dan membuat acara seperti ini dengan low budget juga dengan 7 man power itu sama sekali ga gampang sodara-sodara! Saat dimana harusnya kita fokus pada tes penerimaan kampus, eh kita malah fokus bikin acara buat angkatan. Cari sponsor, cari ini, cari itu. Err..

Hingga hari H pun tiba.
Sukses?

Uhm.. not really sih.
Acara yang kita buat, kayak bukan acara perpisahan tapi lebih ke acara band-band rock yang liriknya itu hanya si vokalis dan Tuhan yang tau.
Tapi at least, itulah acara dengan panggung dan konsep acara malam.
kita bisa bikin acara seru-seruan untuk angkatan 2009 untuk terakhir kalinya dan ya mereka menikmati juga sih.
dan saya sendiri punya hubungan emsional mendalam dengan 6 orang itu hingga kini dan saat itu kita juga profit :)

Walaupun ya, kita kecelongan banyak hal yang menyebalkan. Seperti banyak banget orang yang merokok, alumni dateng dan ngisruh, mabok, selesainya terlalu over night dan banyak sekali perempuan yang datang tanpa kerudung! -__-

*SIGH*

Dan akhirnya, saya dan 6 orang ini harus membuat adik-adik angkatan MAN tidak boleh lagi membuat acara malam dengan alasan apapun. Pay it Peh :( :(

***
3 tahun berlalu.
Untuk kedua kalinya acara seperti itu kembali digelar.
Dan saya sebagai saksi bisa berkata :

MAN SEMAKIN BERUBAH

Saya disambut dengan letak panggung yang menyerong dan rapi tertata. Dengan lighting dan sound yang "standar".
Dekorasi khas anak SMA yang begitu unyu dan lampu sorot yang lucu.

Ada MAKNYAK dengan angkringan, gorengan, nasi usus, dan es teh nya
ada banyak sekali jajanan pasar
dan stand makanan yang membuat siapapun yang datang ga akan kelaparan.

Ada Booth foto yang sangat unyuu yang bisa dipake buat merekam memori.
Ketika masuk pertama kali, merekapun disambut dengan labirin yang sangat kreatif.
Mereka juga bisa menulis pesan dan kesan di beberapa spot yang sudah disediakan.

Dari segi acara?
sangat tertata.
acara dimulai setelah Isya dan diakhiri jam 22.30 malam.
Yang ngeband adalah anak-anak 2012 itu sendiri dengan lagu-lagu cozy khas anak SMA yang bisa dinyanyikan oleh semua orang.
setelah itu ada guest star yang mendendangkan lagu akustikan yang sukses membuat anak-anak 2012 itu mengharu biru.

Tau apa yang seru?
ada perform dari guru-guru. Sekali lagi, ada PERFORM DARI GURU-GURU! MEN! SAYA ENVY LAHIR BATIN!!!
Jadi, para guru yang jadi wali kelas 3 dan tim sukses kelulusan semacam ngeband dan membuat drama.

Baguskah? BANGET! kocak lebih tepatnya. Yang perform itu ada pak Pras, Bu Ari, Bu Hastuti, Bu Sulis, dan guru baru yang saya ga tau namanya dan guru yang selama saya di man juga, belum pernah diajar sama beliau.

Dan mereka mengakhiri drama dengan menyanyikan lagu "kisah kasih di sekolah". Like, what a lucky they are gituh bisa ngeliat guru-guru perform. Andai di angkatan saya ada :(

Trus tentang respon anak-anaknya.
Mereka cantik-cantik dan ganteng-ganteng banget. I mean, mereka emang spent waktu, budget untuk ini. Jadi all out banget! Cewenya syar'i pake kerudung ketutup juga cowo-cowonya. Mereka ngeikutin acarnya dengan antusias. Ga ada yang cuma duduk aja, mereka ikut nyanyi dan games-games yang saya lakukan.

Ga ada rokok. Eh ya mungkin ada, tapi sejauh mata saya memandang, saya ga liat ada yang ngerekok. Terlebih ga ada yang "minum" apalagi mabok. Dan cewe-cewenya pake kerudung kecuali guest starnya. Salut!!

Ada alumni?
Well, enggak. Kecuali saya sebagai MC dan Eta yang saya culik. Selebihnya acara intern dari mereka untuk mereka.
Dan alumni 2011 yang menyupport dan membantu penuh acara ini dari awal sampe akhir, ya mereka juga sih yang membuat yearbook tahun ini. Jadi semacam EO dari alumni MAN buat MAN tadi dibayar. Gitu lah..

Trus,
kalo di promnite ada semacam Prom KING dan prom Queen. Nah disini juga ada. Tapi diganti dengan siswa ter....
Cara bacain nominasinya juga bukan MC yang bacain, tapi dari mereka untuk mereka. Ya kayak awarding di tipi-tipi gitu lah.

Acara dibuka dengan sambutan Pak Fadhil secara resmi, ada doa pula.
Dan ditutup dengan mereka saling berangkulan, manangis karena sudah lulus dan diakhiri dengan lagu Beat khas perpisahan.

SEE, MAN bener-bener BERUBAH kan?

Jujur saya suka MAN yang seperti ini.
Saya suka MAN yang tak lagi harus closed minded terhadap pergaulan anak muda jaman sekarang.
Toh buktinya, mereka bisa bikin acara perpisahan yang bagus, tertata, islami, dan yang paling penting "esensi" promnitenya kena.

Mereka bertanggung jawab sepenuhnya dengan acara itu. Berjalan mulus dan keren. Dengan guru-guru yang mendukung mereka. Entahlah, mungkin MAN dan guru-gurunya sudah paham bahwa kreatifitas, musik, acara malam adalah penting bagi anak seumuran SMA. Jadi mereka tetap diberi kebebasan yang bertanggung jawab. Walaupun tetap ada di track "islami" tentu saja.

Ini sebuah cerita yang saya potret dari kacamata alumni.
Bikin kangen MAN yang jelas.
Rasanya kemarin malam, semua sudut di MAN kembali hidup dan membuat saya kembali mengingta setiap peristiwa yang terjadi selama saya bersekolah. Semua seudutnya mengingatkan saya akan kenangan. Mulai dari yang dimarain Bu ning, upacara, ditungguin alumni :p, dan semuanya.

bikin rindu ga sih?

Ah...

:')

2 komentar

adityas mengatakan...

wah aku nggak dikasih tau

Novan. mengatakan...

Ah, setelah baca tulisan ini sebagai alumni, justru yg lebih bikin envy karena bisa jd saksi 'berubahnya MAN'. Ga kebayang Bu Ari main drama. Bu Ari, yang serius dan kalem itu??!!

Bikin rindu? Iya, penuh haru biru :)

© Mood Coaster
Maira Gall