Rabu, 14 November 2012

Kali ini, aku bacaanmu

Ini seperti membaca buku.
Kegiatan yang kamu sukai kan?
Kamu bisa tenggelam dalam ratusan paragraf dan terhanyut pada tanda baca yang membuatmu enggan diusik oleh kejadian paling penting sekalipun.

Ini hanya seperti membaca buku.
Kegiatan yang kamu gemari kan?
Kamu melakukannya untuk meladeni waktu yang berjalan lambat. Atau waktu yang berjalan membosankan. Atau menemanimu melintasi waktu.

Ini hanya seperti membaca buku.

Kumohon, ini hanya sesederhana seperti kamu membaca buku.
Seperti saat kamu melakukan kegiatan kesukaanmu itu.

Ijinkan saya menjadi bagian yang kamu baca.
Sama selayaknya sebuah buku.

Karena mungkin, aku akan menjadi buku  favoritmu dan akan kamu beri sampul dan taruh di rak kaca paling atas.
Karena mungkin, aku akan menjadi buku yang lecek dan usang karena selalu kamu baca berulang-ulang kali.
Karena mungkin, aku bisa menjadi buku yang covernya paling memikat dan kamu pamerkan kepada teman-temanmu.
Atau..
Aku bisa jadi buku yang paling tidak menarik yang pernah kamu baca dan kamu berhenti membacanya di halaman yang baru mencapai belasan. Dan kamu tidak pernah berniat membacanya lagi.
Atau aku menjadi buku yang begitu membingungkan hingga kamu harus membaca dengan serius dan setelah selesai, kamu akan menaruhku disembarang tempat.
Atau kamu bisa menjadikan aku buku yang tak akan pernah kamu ingat karena membosankan.


Mungkin kamu akan keranjingan membacaku, atau mungkin tidak.
Mungkin kamu akan mencermati setiap kata dan rentetan kalimat, atau mungkin tidak.
Mungkin kamu akan tersenyum saat tahu kisahku, atau mungkin tidak


Tapi, kamu tidak akan pernah tahu bukan?
Tidak, sebelum kamu membaca!

Jadi bacalah dulu.
Kuhomohon..
Cobalah dulu untuk membaca aku.
Denotatif atau konotatif, apapun. Tapi ijinkanlah aku menjadi hal yang kamu baca.
Niatkanlah sejenak.

Dan setelah itu,
Kamu boleh bersikap apapun, bertindak apapun, dan melakukan apapun seperti layaknya sebuah buku.

Ya berikanlah kesempatan padaku agar bisa menjadi yang kamu baca.

Sungguh,
Ini hanya seperti kamu melakukan kegiatan yang kamu sukai itu.
Ini hanya seperti saat kamu tenggelam dalam asiknya membaca.
sungguh hanya sesederhana ini.



Cobalah.
Aku mohon.

Tidak ada komentar

© RIWAYAT
Maira Gall