Rabu, 27 Januari 2010

ngomong-ngomong..



saya penyiar, sudah lama si... sudah lama pengennya, dan baru kesampean beberapa tahun kemudian.. saya bercita-cita dari SMP, beeh klo denger penyiar radio ngomong bener kepengen ngen ngen ngen... semenjak itu juga saya sering ngomong sendiri di depan kaca... sama kyk penyiar laen, saya juga punya sejarah panjang hingga akhirnya ada di unisi. sewaktu SMA saya bener2 pengen dan pontang-panting ngasih lamaran, dan gag lolos.. nelfon satu radio ke radio lain, nanya pertanyaan "ada lowongan buat anak sma gag ya mas, pak, bu, mbak?" ikut audisi sana-sini dan gag lolos2... miris boy! hingaa... unisi radio membuka lowongan buat DJ pelajar... hmm... saya cuma dikasih tau drai temen juga tentang itu, dan jujur saya gag pernah denger unisi... tapi saya berjuang dengan tekat kuat buat daftar.. saya sampe bertengkar sama mama saya sampe harus merepotkan banyak orang... dan hari audisi pun datang... huaaaaa... serasa mau ikut indonesian idol! (seneng!!!!! akhirnya mimpi saya tercapai...) saya audisi, ikut training yang laaaaaaaammmmmmaaaaaaaaaaaa dan berbelit2.... hinggaa... saya menjadi penyiar reguler yang digaji( salah satu keuntungan penyiar ya digaji) tapi saya mau berbagi tentang apa-apa suka duka penyiar yang ternyata diluar bayangan kita.

1. klo kmu fikir ngomong di depan contong itu mudah, itu salah boy!
nyatanya: kmu jadi bingung mau ngomong apa..

2, kalo kamu fikir 3 jam siaran itu lama..
naytanya : itu tergantung suasana hati dan iklan! klo suasana hatimu baik tapi iklan nya banyak maka 3 jam itu jadi cepeeeeeeeettttt bnget... trus.. klo suasana hatimu kacau dan iklan dikit maka 3 jam itu laaaaaamaaaaa bnget, klo suasana hatimu baik dan iklan dikit maka 3 jam itu cuuupeeeeeeeeeeeeeeeeetttttt buaaangeeet....

3. klo kamu fikir operator dan ngomong itu mudah
naytanya: emang mudah! tapi butuh jam terbang boy! kmu ga akan bisa kyk panda dengan jadi penyiar selama setahun, trust me!

4. klo kmu fikir tugasmu adalah hanya ngomong pas siaran itu salah boy!
nyatanya: itu salah besaaar guyz... klo kmu jadio penyiar maka kamu udah masuk dalam satu perusahaan radio, ada MD (music director), ada bagian produksi, ada produser acara, ada pimpinan, ada penyiar senior, banyaaaak... jadi kmu kudu up date apapun tentang radio itu. jangan dateng cuma siaran doang.

5. klo kamu fikir muterin lagu itu menyenangkan, kadang kala tidak..
nyatanya: banyak pendengar yang minta lagu "GAG KMU BNGEET" dan kmu harus muterin, kamu juga harus bisa tahan bosen dengan lagu yang bisa jadi itu0itu aja diputer,,

6. klo kamu fikir jadi penyiar itu asik, emang benar!
nyatanya: asik booy... tapi kmu bisa bener2 bosen .... bener2 ngerasa aaaarrrrghhhh aku males....

7. klo kamu fikir waktu untuk jadi penyiar itu mudah

nyatanya: kmu kudu bener2 bisa nyesuain jadawal kuliah kmu sama siaran, trus kadang kita susaaah bnget cari penyiar pengganti...apalagi klo kmu mau maen, tpi kudu siaraan,, aaahhhh...


8. kmu harus fikir klo laku gag nya radio itu tergantung kmu tapi..

kdang kmu di kritik oleh banyak kepala dengan plus minus tapi semua kepala dikasih solusi yang beda-beda dan kmu jadi bingung harus ikut yang mana.. (itu sering terjadi, pak A bilang gini, Pak B bilang gtu... nah loh kmu kudu bisa ngrangkum sendiri..)
tapi jadi penyiar itu asik, seru dan keren... hahahhahaaaa(narsis) tapi saya punya beberapa tips buat yang pengn jadi penyiar ato lagi metintis karir..

1. banyak baca!! wawasan kmu kudu oke doong... 2. CEREWET bukan modal... yang jelas kmu bisa ngomong dengan baik pas siaran... 3. banyak denger radio lain, biar bisa jadi pembanding... 4. jaga mood kmu.. 5. coba ngomong sendiri di depan kaca.. 6. nongkrong aja di stasiun radio dan pasang muka memelas biar kmu dangkat jadi penyiar 7. kmu bisa diriin radio sendiri dan kmu bisa jadi penyiar nya.. 8. HARUS mau di kritik..... 9. tetep semangaaaaat ajaaaaaaaaa....

hehheeeee... dengerin saya ya di 104,5 unisi the exiciting radio setiap jumat jam 8 pagi, sabtu jam 11, minggu jam 5... (itu jadwal bulan ini)... saya gag ada foto waktu siaran....






1 komentar

Fauzan mengatakan...

saya senang dan bangga punya teman yang gigih kaya km peh, aku yakin km bsk pasti sukses.. ^^,

© RIWAYAT
Maira Gall