Jumat, 25 Mei 2012

Dendang memori

saya ingat hari dimana saya resmi diterima menjadi mahasiswi komunikasi. Hari yang sangat mendebarkan sekaligus menjadi salah satu hari terbaik yang pernah saya rasakan. Bahkan hingga detik ini juga jika mengingat hari itu, masih terasa unpreditable sekali. Untuk menjadi salah satu mahasiswa komunikasi, bagi saya, bukan perkara mudah. Saya harus mengikuti tes ini dan tes itu dan akhirnya bergabung dengan komunikasi melalui jalur penerimaan yang terakhir, jalur SNMPTN.

Tahun demi tahun ternyata sudah saya lewati di komunikasi. Mulai dari mata kuliah daspen yang saat itu diampu mas rizal yang notabene didaulat jadi dosen "ga boleh macem-macem" sampai pemilihan konsentrasi, masuk komstra, hingga bertemu mata kuliah DEWA yang bikin hidup betul-betul tercurah habis untuk kuliah, yaitu PNI PMI.

Komunikasi itu full of tradition

Di tahun pertama, mahasiswa komunikasi punya tradisi untuk membuat KNP yaitu, kulo nuwon party. Sebuah persembahan dari angkatan baru yang mulai bergabung dengan komunikasi. Istilahnya "minta ijin" lah dengan angkatan atas.
Waktu itu, KNP 2009 bertepatan dengan KICK FEST. Jadi ya bisa ditebak, acaranya agak sepi. Dan saat itu, antara mahasiswa komunikasi belum akrab dan belum terlihat "gaum"nya.

Di tahun kedua, mahasiswa komunikasi punya tradisi untuk menyelenggarakan GC atau Graeting Camp. Ini adalah acara yang dilakukan anak tahun kedua untuk anak tahun pertama yang baru masuk. Jadi kita yang angkatan 2009 membuat GC untuk anak 2010.
GC dari tahun ke tahun, seringnya dilakukan di kaliurang, tepatnya di bumi perkemahan apa gitu. gimana konsep acaranya?
hmm.. jadi, karena ospek komunikasi itu berjalan "slow" tanpa "marah". Nah, di GC inilah gemblengan akan dimulai.
kalau saat membuat KNP, belum saling kenal. Nah, menjadi panitia GC ini sudah semakin melebur tapi masih bersekat.

Dan di tahun ketiga, mahasiswa komunikasi punya tradisi untuk menyelenggaran Komunikasi Akustikan atau yang dikenal dengan komkustik. Dan tahun ini acara komkustik kami beri judul #DendangLegenda.
Filosofinya sebenarnya adalah rasa syukur dari angkatan yang sudah memasuki tahun ketiga kepada komunikasi sebelum akhirnya lulus.
Dan jika saat KNP dan GC anak-anak komunikasi masih belum akrab. Kali ini, Anak-anak komunikasi sudah lebih paham karakter satu dengan yang lain. Sudah punya "klik" nya sendiri-sendiri.


Setelah menggodok dengan keras (well, saya tidak begitu terlibat sih), akhirnya acara #DendangLegenda ini berlangsung juga.
Konsep acara yang sederhana sebetulnya. Hanya mengundang seluruh angkatan, mulai dari angkatan termuda 2011 sampai yang paling sepuh 2005 untuk bernyanyi.


Tapi entah kenapa, acara terakhir ini membawa aura yang berbeda. Ada feel yang "aneh" setelah acara #denganglegenda ini selesai. Saya jadi merasa haru sendiri dengan hidup saya di komunikasi. Ga kerasa aja sudah 3 tahun dan sebentar lagi KKN dan setelah itu skripsi. Kayaknya baru kemaren deh kita para kaskusian 2009 ini membuat KNP (kulo nuwun party).

Sepertinya baru kemarin saya harus beradaptasi dengan dunia kuliah. Saya harus ketemu dengan anak-anak komunikasi yang sangat beragam. Bangga melakukan tepuk komunikasi saat ospek fakultas. Bersama-sama mengikuti UAS dan UTS. Mengikuti gossip. mendapat "binaling". Ini dan itu di komunikasi. Saya tidak in banget sih, tapi komunikasi adalah bagian dari saya, dan saya adalah bagian dari komunikasi. Dan ternyata ini tahun ketiga saya! oh men!

di acara #DendangLegenda banyak lagu dan lirik menarik yang tadi didendangkan.
seperti :

"cintaku padamu, takan berubah walau di telah waktu..."
"say what you wanna say. Do what you wanna do.."
"mungkin salahku, melewatkanmu, tak mencarimu, sepenuh hati, maafkan aku..."
"ooh buruuung, nyanyikanlah. Katakan padanya aku rindu.."
dan terakhir yang dibawakan boarding room
"bersenang-senanglah, karna hari ini yang kan kita rindukan, di hari nanti... sebuah kisah klasik untuk masa depan"

Oh ya, saya baru sadar. Saya selalu melewati acara komunikasi dengan selalu menjadi MC -__-

pas Komkustik

pas GC


Hmm...
jadi agak melow deh.
Komunikasi oh komunikasi. Saya selalu merasa bersyukur menjadi bagian dari komunikasi. Terkhusus, saya merasa bahagia menjadi bagian dari kaskusian 2009 ;')

NB : tulisan ini saya dedikasikan untuk kaskusian 2009. Selamat KKN, Selamat skripsi ya you you guys

#25
#31harimenulis

Tidak ada komentar

© RIWAYAT
Maira Gall