Rabu, 23 Mei 2012

PARTNER!!

Dalam bagian hidup saya yang penuh dengan ambisi dan perjuangan, saya tentunya tak pernah bisa hidup sendirian. Terlebih ketika saya akan meraih mimpi, prestasi, angan, dan kehidupan yang lebih baik. hehehe. Tentunya saya membutuhkan partner untuk meraih itu semua.
Seperti namanya yakni partner. Berarti pula, orang yang senatiasa bisa membacking semua kelemahan saya dan bersama-sama berjuang untuk meraih tujuan. Tak cuma itu sih, partner juga jadi orang yang tepat untuk melewati serangkaian proses jatuh dan bangun.
Namanya aja partner, jadi tentu saja orang yang menemani saya secara penuh untuk melaksanakan semua proyek. Tanpa adanya rasa terbebani baik bagi saya ataupun dia saya atau dia. We're team!
Untuk itu, tulisan ini akan berceritakan tentang partner-partner saya.

Sejauh ini, saya baru mempunyai 3 partner.
Kenapa saya mengatakan partner?
1. karena kita mempuyani passion yang sama
2. saya nyaman bekerja dengan mereka
3. mereka orang-orang yang bisa diajak jatuh bangun bersama
4. mereka orang-orang yang cocok bekerja dengan sifat dan kondisi saya. Cucok sajalah saya dan mereka. seperti ying dan yang

Yang pertama.

Ini Nur faturahman Ridwan.



dia adalah partner pertama saya.
Sejarah kami dimulai sejak bangku SMA. Di bangku SMA, saya dan dia sama-sama aktif di karya tulis ilmiah. Awalnya, karena kami masuk ke organisasi KIR, lalu kelamaan kami mulai mengikuti lomba-lomba karya tulis.
Ridi, nama panggilannya, menjadi orang yang gampang di bully di sekolah. Karena penampilannya yang.. hm.. sorry to say, agak nerd. Tapi tak banyak yang tahu bahwa sebetulnya, dia adalah orang terencer dari segi penulisan karya tulis.
Kalu saya kuat dalam hla konsep, analisis, dan presentasi. Maka dia sangat menguasai detail dari penulisan. Dia hebat di metodologi peneltian dan tinjauan pustaka. Cara dia menganalisis hasil penelitiannya juga sangat tajam. 
Saya selalu senang bekerja dengan ridi. Kami jatuh bangun bersama. mengerjakan karya tulis hingga pagi, dan ternyata kalah. Berkali-kali.
Pencapaian terbesar kami adalah, memenangkan lomba karya tulis terbesar pula. yang kali itu diselenggarakan oleh LIPI. 
pada saat ini, Ridi tidak bisa hadir untuk menerima penghargaan. Karena hanya boleh satu orang yang meawakili presentasi, dan kami sepakat bahwa sayalah yang maju, karena kemampuan presentasi saya yang lebih baik ketimbang ridi. Tapi. penghargaan ini milik kita berdua :)
saat menerima ini, harusnya ada ridi. Tapi lagi-lagi hanya satu  orang yang diundang panitia. Dan ya akhirnya saya yang berangkat :(

Yang karena kegigihan kami, itu mengantarkan saya pada siswa berprestasi di sekolah. 
Ada satu kenangan yang tidak pernah bisa saya lupakan. Saat itu, hari Jumat. Dan ridi lari dari koridor sekolah. Berlari kencang sambil membawa surat. Norak sekali.
dan ketika mendekati saya,
dia berkata sambil berkaca-kaca
"Ipeh... kita lolos"
itu adalah karya tulis pertama kami yang lolos secara nasional, setelah berkali-kali kami gagal. :')
aah, saya jadi melow :')

kini Ridi, berkuliah di UNY, sesuai dengan pilihannya selama SMA yang sangat menyukai biologi.
dan seingat saya, dia masih berkutat dengan penelitian, sementara saya... saya sudah ganti dunia. hehe :)

Yang kedua.
Arga Nalasukma


Dia adalah partner siaran saya yang paling hokya dan sekaligus yang paling lama.
Pertama kali siaran adalah saat kami dipadukan di acara U and U. Saat itu saya masih sekolah dan berstatus DJ Pelajar, sementara dia penyiar training. Padahal baru pertama kali bertemu dan siaran, tapi ping pong yang terjadi sudah sangat bagus.
saya juga bingung, kenapa chemistry yang terjadi begitu cepat. Padahal untuk siaran tandem, menciptakan chemistry itu bukan hal yang mudah.
Hingga kini, saya dan arga diplot dalam acara pagi, morning sunrise.
bisa dikatakan, dia dan zam (produser) adalah cowo tersering yang saya temui. Setiap harinya, pukul 5-8 saya akan bertemu mereka.

sekilas tentang arga.
Dia orang yang sangat melow. hahahaha!
dia juga seorang dimas favorit tahun 2009.
dan apalagi ya?


Yang ketiga
Ayudha Ghora Dhira


ini adalah partner saya yang hingga kini masih eksis.
Dia adalah partner saya dalam seluruh aktifitas iklan saya.
Bisa dikatakan dia adalah eksekutor yang baik, hampir semua bentuk eksekusi bisa digarapnya. Mulai dari After effect, photoshop, corel draw. sementara saya akan banyak bergumul dengan sounds, adobe premiere, cool adit dan COPY! hahaha..
dia mengerti konsep eksekusi, saya konsep general.

Karena membuat iklan itu tidak semudah yang dibayangkan. Jadi tentunya perlu team yang solid dan mengerti kelemah dan kelebihan rekanya untuk kebaikan karya itu. Untuk itu, jatuh bangun dengan makna yang sesungguhnya adalah makanan kami
kita mulai dari brainstorming yang sangat "sesuatu". Mulai dari tingkatan mudah hingga alot dan nyaris gila pernah kita rasakan.
menyamakan waktu. 
Proses eksekusi yang banyak ketawanya.
Hingga yang terakhir. Editing dan mixing. hoaaah.
Nyaris bunuh-bunuhan saat proses deadline juga hal yang biasa. Ketawa samapi perut sakit juga sering kita lakukan.

Saya dan ghora sering mengorbankan waktu-waktu penting.
saat yang lain idul adha, kita malah eksekusi lomba.
eyel-eyelan tentang copy, warna, border, angel, dan semuanya saat yang lain menikmati kambing.
dan yang paling sering sih ya mengorbankan waktu tidur -__-

pertemuan saya dengan ghora ini sebetulnya tidak sengaja.
Jadi suatu ketika, ada COPY FIGHTER, sebuah worksop tentang copywriting yang diselenggarakan oleh DEAD_UGM. nah, si ghora ini datang terlambat dan duduk di sebelah saya.
Kebetulan saat itu, saya tengah ikut lomba iklan di malang tapi belum ada partnerya. Setelah saya berbasa-basi, akhirnya dia mau jadi partner saya untuk art directornya. Dan jadilah kita mengerjakan lomba itu. Dan akhirnya kita jadi finalis. YEAAAY, walopun ya tidak juara.


lomba dan lomba kita ikuti, kalah dan kalah.
Hingga akhirnya satu perjuangan mengantarkan kita pada gold dalam pekom UI.
Wah, kalau harus diceritakan. Pekom UI itu sangat HUH HAH! hampir 2 malam, kita berdua ga tidur dan sibuk mikirin brief yang "sesuatu". Ngambek-ngambekan karena kita stuck dan juga bersikap sangat ndeso di UI sana. hahahaha :))

Sebetulnya, ghora ini awalnya lebih interest pada dunia PR dibandingkan iklan. Tapi perlahan dan pasti, dia akan saya jebloskan di dunia iklan SELAMANYA! *ketawa setan

Ghora ini juga tempat curhat saya. Dan saya juga tempat curhat ghora.
Ghora punya pacar cantik bernama Anis yang leptopnya sering dipinjam untuk eksekusi kami.
Ghora dan saya punya banyak kesamaan, dan saya rasa, si ghora ini adalah partner ideal kompetisi setelah ridi.
karya demi karya kami buat.
terekam di tumblr saya

Yang saya suka dari ghora adalah prinsipnya yang WORK SILENT, karena itu sejaan dengan prinsip saya. Ghora pernah berkata : "kalau mau berkarya tu Peh, ga usah gembor-gembor. kalau emang kita bagus, pasti keliatan kok. Ga usah sombong pengen yang lain tau..." 
Dan ghora juga orang yang tidak pernah takut kalah dan tidak gampang menyerah.
walaupun ngaretnya minta ampun, tapi ghoralah partner iklan paling hokya!
Ayo ghor, masih banyak lahan yang harus kita garap! semaaaangat!!
:)

oke.
terimakasih pada kalian bertiga yang telah menjadi partner dalam hidup saya.
kalian orang paling tahan dengan sikap moody saya yang parah.
Dan karena kalian, karya-karya bagus juga tercipta.

dan sekarang saatnya saya mencari partner hidup. Err -___-

NB : tulisan ini saya berikan sebagai wujud rasa syukur telah dipertemukan dengan kalian. Nur faturrohman ridwan, Arga nalasukma, dan Ayudha Ghora Dhira

#23
#31harimenulis

Tidak ada komentar

© RIWAYAT
Maira Gall